syariah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Pendidikan Profesi Advokat Kerjasama dengan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Pendidikan Profesi Advokat Kerjasama dengan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia
Diposting : Sabtu, 01 Jun 2024, 10:25:01 | Dilihat : 256 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Pendidikan Profesi Advokat Kerjasama dengan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia


Jember (Fasya Media) - Peningkatan kualitas alumni Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terus dilakukan.  Untuk kesekian kalinya, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember bekerjasama dengan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Jawa Timur menggelar Pendidikan Profesi Advokat (PPA). PPA ini terbuka untuk umum dan diikuti sebagian dari lulusan sarjana Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, dan dari beberapa perguruan tinggi lainnya di wilayah Jember dan Lumajang.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni, mengungkapkan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyiapkan advokat yang memiliki kapasitas mempuni dan kecakapan beracara dengan kemampuan yang teruji

Fakultas Syariah memiliki concern yang tinggi untuk terus memberikan ruang dan wadah aktualisasi keilmuan bagi lulusan sarjana Fakultas Syariah, termasuk salah satunya dengan menggelar profesi advokat ini. Karena itu, kegiatan ini dapat terlaksana melalui kerjasama dengan DPW Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Jawa Timur”, ungkap Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni saat membuka kegiatan, Jumat, 31 Mei 2024 di lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Sementara ketua DPW APSI Jawa Timur Sulaisi, Abdurrozaq SH., M.IP menjelaskan bahwa pendidikan profesi advokat merupakan satu-satunya pintu bagi lulusan sarjana yang hendak menekuni profesi advokat.

Tidak ada cara lain bagi seorang advokat, selain dimulai dengan mengikuti pendidikan profesi advokat. Karena itu, kegiatan ini sangat penting sebagai tangga awal. Maka jangan melupakan  tanggal awal tersebut, yaitu Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan APSI. APSI merupakan asosiasi advokat yang didalamnya terdapat muatan syariah. Kami berharap tertanam dalam jiwa kita semua, nilai-nilai keislaman”, harap ketua DPW APSI Jawa Timur.

APSI merupakan salah satu organisasi advokat yang di dalamnya menaungi para advokat dengan latar belakang Fakultas Syariah. APSI telah diberi wewenang menurut perundang-undangan dalam menyelenggarakan pendidikan profesi advokat, hal ini direalisasikan dengan bekerja sama bersama Fakultas Syariah UIN KHAS Jember

Sebagai informasi, Pendidikan Profesi Advokat merupakan pendidikan khusus sebagai langkah awal bagi lulusan sarjana hukum untuk menjadi seorang advokat dengan memberikan materi tentang hukum acara di semua lingkungan peradilan, teknik peradilan dan lain sebagainya.

Hadir dalam kegiatan pembukaan ini, Sekretaris DPW APSI Jawa Timur sekaligus Ketua Keluarga Alumni Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Zainal Abidin, S.H.I, MH., pengurus APSI Jatim Dr. Adiyono, M.HI, Ketua APSI Kabupaten Sampang, Ketua Panitia Moh. Jufri, SH, Sekretaris Panitia Nury Khoiril Jamil, SH, dan Koordinator Fasya Media Fakultas Syariah Cholis Rosyidatul Husna, MH, serta Direktur Pusat Kajian Hukum Keluarga dan Gender Siti Nurholilah, MH.

(Kontributor: Fasya Media)

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;