syariah@uinkhas.ac.id -

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Lakukan Redesain Kurikulum untuk Peningkatan Daya Saing Lulusan

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Lakukan Redesain Kurikulum untuk Peningkatan Daya Saing Lulusan
Diposting : Jumat, 09 Aug 2024, 06:42:25 | Dilihat : 152 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Lakukan Redesain Kurikulum untuk Peningkatan Daya Saing Lulusan


Jember (Fasya Media) - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menyelenggarakan Kegiatan Penyusunan Kurikulum Outcome Based Education (OBE) dalam rangka peningkatan mutu program studi. Agenda dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan inovasi di era global itu dipusatkan di Aula VIP Lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildan Hefni menyampaikan bahwa salah satu dari Sapta program pengembangan Fakultas Syariah adalah redesain kurikulum. Menurutnya, redesaian kurikulum dimaksudkan untuk dapat mengantarkan mahasiswa berhasil mencapai capaian yang telah ditetapkan.

“Kami memiliki perhatian yang sangat tinggi untuk memastikan agar lulusan Fakultas Syariah memiliki kualifikasi yang komprehensif berkaitan dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Redesain kurikulum ini bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang adaptif, progresif, dan relevan dengan tuntutan masa depan” terang Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni, MA, saat membuka kegiatan , Kamis (09/07/2024) di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Wildan berharap, acara ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya Fakultas Syariah UIN KHAS Jember untuk memperkuat pendidikan berbasis Outcome Based Education (OBE) yang menempatkan pencapaian sebagai fokus utama.

“Dalam proses pembelajaran, kurikulum menjadi sangat penting sebagai pijakan. Karena itu, upaya redesain kurikulum ini juga untuk mengantarkan lulusan mahasiswa Fakultas Syariah dapat memiliki keunggulan distingtif sebagai sarjana hukum”, tambahnya.

Dikatakan Dekan Fakultas Syariah, kegiatan ini sangat relevan dan penting untuk memastikan bahwa expected learning outcomes, course learning outcomes, dan lesson learning outcomes, semuanya dapat diwujudkan dengan baik.

Diketahui, Workshop Penyusunan Kurikulum dan RPS Berbasis OBE ini menghadirkan narasumber, yakni I Gede Widhiana Suarda, SH., M.Hum, Ph.D selaku Wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Jember. Narasumber pada kegiatan ini melakukan review terhadap kurikulum OBE Fakultas Syariah yang telah disusun oleh masing-masing Koordinator program studi. Selain itu, narasumber juga mempraktikkan langsung cara menyusun kurikulum berbasis OBE dengan tujuan memudahkan para dosen untuk mengikuti alurnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Dekan I bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. Busriyanti, M.Ag, Wakil Dekan II Fakultas Syariah Dr. Martoyo, S.H.I, MH, Wakil Dekan III Dr. Ahmadiono, MEI, Sekretaris Jurusan Achmad Hasan Basri, MH, Koorprodi Hukum Pidana Islam Yudha Bagus Tunggala Putra, M.H., Kooprodi Hukum Ekonomi Syariah Freddy Hidayat, MH, Kooprodi Hukum Tata Negara Solikhul Hadi, MH., Kooprodi Hukum Keluarga Inayatul Anisah, M.Hum., Ketua Gugus Mutu Ach. Syifaul Hisan, M.Si, pengelola serta Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

 

Kontributor: Fasya Media

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;