syariah@uinkhas.ac.id -

HMPS Prodi HTN Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Visitasi Penyuluhan Hukum

Home >Berita >HMPS Prodi HTN Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Visitasi Penyuluhan Hukum
Diposting : Minggu, 21 Jul 2024, 09:29:28 | Dilihat : 287 kali
HMPS Prodi HTN Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Gelar Visitasi Penyuluhan Hukum


Jember (Fasya Media) – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Tata Negara (HTN) Menyelenggarakan kegiatan visitasi penyuluhan hukum. Kegiatan ini mengangkat tema Partisipasi Aktif Masyarakat menuju Pilkada Serentak 2024. Kegiatan ini berlangsung di balai Desa Kertosari,Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember pada Sabtu, 20 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta terdiri dari unsur masyarakat, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiswa, dan perwakilan dari ketiga HMPS di lingkungan Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, yakni HMPS prodi Hukum Keluarga, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, dan prodi Hukum Pidana Islam. Hadir sebagai narasumber, dua dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yaitu Badrut Tamam, S.H.,M.H. dan M. Zamroni Ali, S.H.,M.H.

Visitasi penyuluhan hukum adalah salah satu program kerja HMPS HTN. Visitas penyuluhan hukum ini merpakan rangkaian kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang undangan yang berlaku guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta budaya hukum yang tertib.

Kepala Desa Kertosari, Budi Wijayanto, mengungkapkan terima kasih kepada Fakultas Syariah UIN KHAS Jember melalui HMPS HTN yang telah menginisiasi kegiatan yang sangat bermanfaat yaitu penyuluhan hukum. “Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih pamimpin yang baik dan benar. Terimakasih kepada para warga yang sudah menyempatkan hadir pada kegiatan ini. Semoga kegiatan penyuluhan ini memberikan dampak yang baik bagi kita bersama’, ungkap Budi Wijayanto.

Ketua HMPS HTN Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Muhammad Oki Mabruri menuturkan kegiatan ini merupakan bentuk sambung silaturrahmi dari HMPS HTN kepada Masyarakat dan juga sebagai salah satu keinginan atau program kerja yang memang didambakan sejak awal.

“Kegiatan ini kami rencanakan sejak awal saat kami dilantik menjadi pengurus HMPS. Kami bertekad untuk memberikan yang terbaik bagi pengembangan dan penalaran akademik, secara khusus bagi mahasiswa HTN dan secara umum untuk pengembangan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember”, tutur Ketua HMPS HTN.

Dosen Prodi HTN yang juga sebagai Ketua Unit Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (UP3M) Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Badrut Tamam, SH., MH., dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa kedaulatan tertinggi itu ada ditangan rakyat. Ia mengajak untuk hak pilih untuk memilih pemimpin yang paling baik tanpa ada intervensi dari siapapun dan juga tidak mengintervensi siapapun

“Jika yang terpilih itu baik, maka kedepannya akan baik, begitupun sebaliknya. Tapi yang terpenting tetap jaga kerukunan dan ke harmonisan antar sesama warga negara Indonesia”, demikian pesan yang disampaikan Badrut Tamam, kandidat Doktor Fakultas Hukum Universitas Jember itu.

 

Kontributor: Fasya Media

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;