syariah@uinkhas.ac.id -

Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Jember, PUSKAPIS Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Selenggarakan Program Jaksa Masuk Sekolah

Home >Berita >Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Jember, PUSKAPIS Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Selenggarakan Program Jaksa Masuk Sekolah
Diposting : Selasa, 20 Aug 2024, 20:34:26 | Dilihat : 136 kali
Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Jember, PUSKAPIS Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Selenggarakan Program Jaksa Masuk Sekolah


Jember (Fasya Media)- Pusat Studi Anti Korupsi dan Hukum Pidana Islam (PUSKAPIS) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KKHAS) Jember Jember menjalin kolaborasi dengan Kejaksaan Negeri Jember dalam pelaksanaan program "Jaksa Masuk Sekolah" yang berlangsung di SMPN 2 Jember, Selasa (20/08/2024). Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa terkait larangan perilaku bullying di lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah ditandatangani oleh Kepala Kejaksaan Negeri dan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Jember Arief Fatchurrohman, S.H.,M.H.. Dalam sambutannya, Kasi Intelijen ini menekankan pentingnya pemahaman hukum di kalangan pelajar, khususnya terkait dengan perilaku bullying yang dapat berdampak negatif pada korban dan lingkungan sekolah secara keseluruhan. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa program ini adalah bagian dari upaya preventif Kejaksaan dalam membangun kesadaran hukum di kalangan generasi muda.

Selama kegiatan, siswa-siswi SMPN 2 Jember mendapatkan materi edukatif mengenai bahaya dan dampak buruk dari bullying, baik dari perspektif hukum maupun sosial. Mereka juga diajak untuk lebih memahami bagaimana tindakan bullying dapat membawa konsekuensi hukum yang serius.

Dosen pendamping dari UIN KHAS Jember, Ana Laela Fatikhatul Choiriyah, S.H., M.H., turut mendampingi kegiatan ini. Beliau memberikan panduan dan penjelasan kepada para siswa, serta mendorong mereka untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan menghormati hak-hak orang lain. Kehadiran beliau menambah bobot akademis dalam pembahasan yang disampaikan, serta memperkuat pesan moral dan etika yang ingin ditanamkan kepada para siswa. 

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni turut memberikan tanggapan terkait kegiatan tersebut. "Program Jaksa Masuk Sekolah menjadi salah satu wujud kongkrit Fakultas Syariah UIN KHAS Jember untuk terus berkontribusi kepada Masyarakat. Dalam konteks ini, Fakultas Syariah bersinergi dengan Kejaksaan Negeri memberikan pendampingan bagi masyarakat untuk membantu program-program Kejari, termasuk dalam advokasi dan penyuluhan Kemahiran hukum bagi para siswa di sekolah-sekolah", ungkap Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni, M.A.

Program Jaksa Masuk Sekolah di SMPN 2 Jember ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang efektif dalam mencegah kasus bullying di kalangan pelajar dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman untuk semua siswa. Kolaborasi antara PUSKAPIS dan Kejaksaan Negeri Jember ini juga diharapkan dapat terus berlanjut dalam berbagai program edukasi hukum lainnya di masa mendatang.

 

Kontributor: Fasya Media 

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;