syariah@uinkhas.ac.id -

OPENING LEC FESTIVAL , MOMEN BERSEJARAH DIES MAULIDIYAH HMPS HES KE-11

Home >Berita >OPENING LEC FESTIVAL , MOMEN BERSEJARAH DIES MAULIDIYAH HMPS HES KE-11
Diposting : Jumat, 01 Dec 2023, 16:49:12 | Dilihat : 359 kali
OPENING LEC FESTIVAL , MOMEN BERSEJARAH DIES MAULIDIYAH HMPS HES KE-11


Media Center - Dalam suasana yang penuh dengan semangat kebersamaan dan kebanggaan, HMPS Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  menggelar Opening Lec Festival (Law Economic Contest Festival) yang diselaraskan dengan peringatan Dies Maulidyah ke-11 dari program Hukum Ekonomi Syariah. .

Acara ini dilaksanakan pada Jumat, (01/12/2023) dan  dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Dr. Ahmadiono, M.E.I., Ketua Umum HMPS HES, Ikhsan Fani Hidayah, dan mengundang narasumber dari Bank Syariah Indonesia Jember,  Barit Paladin, S.Kom., M.M., dan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, Aulia Sabrina, serta dihadiri dari puluhan mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syariah.

Ketua Umum HMPS HES, Ikhsan Fani Hidayah. Dalam sambutannya, Ikhsan  mengatakan ini merupakan pencapaian luar biasa yang telah diraih oleh program Hukum Ekonomi Syariah selama sebelas tahun terakhir. Beliau juga menekankan pentingnya kerjasama dan semangat kebersamaan dalam meraih kesuksesan di dunia akademis.

“Ini mencerminkan dedikasi kita semua terhadap kemajuan ilmu dan semangat kebersamaan dalam merayakan pencapaian prestisius. Semoga keberhasilan ini dapat menginspirasi setiap mahasiswa untuk terus berkontribusi positif ,” ungkap Ketua Umum HMPS HES.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal SEMA-U UIN KHAS Jember, Muhammad Rizal memberikan sudut pandangnya mengenai makna kegiatan akademis di tengah-tengah mahasiswa. Dalam kata-katanya, Rizal (sapaan akrabnya) mengajak seluruh peserta untuk menjadikan setiap peluang kegiatan akademis sebagai bentuk pengembangan diri yang holistik.

“Kegiatan akademis bukan sekadar proses belajar, tetapi sebuah perjalanan pengembangan diri yang holistik. Mari kita jadikan setiap momen seperti Opening Lec Festival ini sebagai batu loncatan untuk meraih prestasi lebih tinggi dan berkembang menjadi individu yang berkontribusi bagi lingkungan,” ujar Rizal yang juga Demisioner Ketua Umum HMPS HTN 2019/2020.

Selanjutnya Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ahmadiono, M.E.I. mengenai peran penting program studi hukum ekonomi syariah ini sebagai wahana bagi pengembangan kemampuan analitik yang tak ternilai.

Beliau menyoroti bahwa Prodi ini bukan hanya sekadar tempat pembelajaran, melainkan medan intelektual yang melibatkan mahasiswa dalam proses analisis yang kritis dan mendalam.

“Mahasiswa tidak hanya belajar konsep-konsep teoritis, tetapi juga diajak untuk merespon tantangan nyata di lapangan. Dalam konteks ini, acara seperti Opening Lec Festival dan Dies Maulidyah menjadi momentum penting untuk mengaplikasikan dan mengasah kemampuan analitik yang telah dipelajari di dalam kelas,” ucap Dr. Ahmadiono.

Ahmadiono (sapaan akrabnya) juga mengajak para mahasiswa untuk melihat bahwa peran bank syariah tidak hanya sebatas memanfaatkan produk-produk lembaga keuangan.

“Penting bagi kita untuk melihat bahwa bank syariah dapat menjadi mitra yang sinergis, bukan hanya sebagai lembaga yang menyediakan produk dan layanan keuangan. Mari kita terlibat dalam praktek-praktek keuangan syariah dengan memanfaatkan dan memahami bank syariah sebagai entitas yang ikut membangun dan mendukung keberlanjutan ekonomi,” tambahnya.

Terakhir Ahmadiono dengan bijak memberikan arahan kepada para mahasiswa untuk memahami peran mereka dalam mengelola risiko dan berkontribusi pada pengembangan sistem keuangan syariah yang tangguh dan aman.

“Semua pihak, termasuk mahasiswa, memiliki peran yang krusial dalam menghadapi era keuangan digital. Mari kita jadikan setiap tantangan sebagai peluang untuk belajar dan berinovasi,” pungkasnya.

Kemudian  acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahiswaan, Kerjasama, dan Alumni, Dr. Ahmadiono, M.E.I. dan dilanjutkan Seminar Nasional " Upaya Inklusi Keuangan Digital Guna Menghapus Kesenjangan Inklusi Keuangan Antara Pedesaan dan Perkotaan).

 

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara

Editor     : Moh. Ramdhan Harisuddin

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;